A. DATA
1.
Pengertian
Data
Data
adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan
adanya suatu pengolahan. Data bisa berujut suatu keadaan, gambar, suara, huruf,
angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan
sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.
Pengertian data menurut The Liang Gie adalah hal, peristiwa,
atau kenyataan lainnya apapun yang mengandung suatu pengetahuan untuk dijadikan
dasar guna penyusunan keterangan, pembuatan kesimpulan,atau penetapan
keputusan.
Dr.
S.P. siagian menjelaskan arti data dan informasi. Beliau menyatakan bahwa: “ada
perbedaan konsepsional yang cukup prinsipil antara data dan informasi. Jelaslah
kiranya bahwa data merupakan sumber informasi dan merupakan bahan informasi.
2. Klasifikasi
Data
A.
Klasifikasi data berdasrkan
sumbernya
Klasifikasi data berdasarkan
sumbernya dikelompokkan menjadi dua, antara lain;
a)
Data intern, yaitu data yg
dibutuhkan oleh suatu organisasi sebagai landasan pengambilan keputusan
yang di peroleh dari catatan-catatan organisasi itu sendiri.
b)
Data Ekstern, yaitu data yang
diperoleh dari sumber-sumber di luar organisasi.
B.
Klasifikasi Data Berdasarkan
Pengolahannya
a)
Data Primer
b)
Data Sekunder
C.
Klasifikasi Data Berdasarkan Sifat
a)
Data Kuantitatif
b)
Data Kualitatif
D.
Klasifikasi Data Berdasarkan Jenisnya
a)
Data Hitung
b)
Data Ukur
3. Pengolahan
Data
a)
Lembaga pendidikan
b)
Lingkungan kerja
c)
Media massa
d)
Instansi pemerintah
e)
Masyarakat
4. Sumber-Sumber
Data
Pengolahan
data ada 8 macam yaitu:
a)
Reading
b)
Writing
c)
Recording or printing
d)
Sorting
e)
Transmitting
f)
Calculating
g)
Comparing
h)
Storing
5. Macam-Macam Type Data
a)
Type data integer/oridinal
b)
Type data Boolean
c)
Type data flowating point/real
d)
Type data enumerated
e)
Type data string & carakter
6. Ekstensi dari
data/file softcopy
a)
3ds Graphic (3D studio)
b)
3fx Efek (corel chart)
c)
3gr data file (window video grabber)
d)
4sw 4dos Swap file
e)
A Library (UNIX)
f)
Act Actor Source
code file
7.
Teknik
Pengumpulan Data
A.
Wawancara
Wawancara
ialah proses interaksi atau komunikasi secara langsung antara pewawancara dan
responden. Pengumpulan data dengan tehnik wawancara dapat digunakan untuk
memperoleh data yang bersifat fakta, misalnya umur, pekerjaan, jumlah anak,
tingkat pendidikan dan riwayat kesehatan. Wawancara juga dapat digunakan untuk
menilai sikap, pendapat, pengalaman, dan sebagainya.
Keuntungan :
a)
Memotivasi orang yang diwawancarai
untuk menjawab dengan bebas dan terbuka
b)
Pewawancara dapat mengembangkan
pertanyaan
c)
Pewawancara dapat melihat kebenaran
jawaban melalui gerak-gerik dan raut wajah yang diwawancarai
Kerugian :
a)
Membutuhkan waktu yang lama
b)
Tergantung dari kepapandaian si
pewawancara
c)
Dapat mengganggu orang yang
diwawancarai
B.
Kuesioner
Kuesioner
adalah daftar pertanyaan tertulis yang ditujukan kepada responden. Jawaban
responden atas semua pertanyaan dalam kuesioner kemudian dicatat/direkam.
Kuesioner
merupakan metode pengumpulan data yang efisien bila peneliti mengetahui secara
pasti data/informasi apa yang dibutuhkan dan bagaimana variabel yang menyatakan
informasi yang dibutuhkan tersebut diukur.
Macam-Macam Kuisioner
a)
Kuesioner
tertutup
Setiap
pertanyaan telah disertai sejumlah pilihan jawaban. Responden hanya memilih
jawaban yang paling sesuai.
b)
Kuesioner
terbuka
Dimana
tidak terdapat pilihan jawaban sehingga responden haru memformulasikan
jawabannya sendiri.
c)
Kuesioner
kombinasi terbuka dan tertutup
Dimana
pertanyaan tertutup kemudian disusul dengan pertanyaan terbuka.
d)
Kuesioner
semi terbuka
Pertanyaan
yang jawabannya telah tersusun rapi, tetapi masih ada kemungkinan tambahan
jawaban.
Keuntungan :
a)
Daftar pertanyaan baik untuk sumber
data yang banyak
b)
Responden tidak merasa terganggu
c)
Daftar pertanyaan relatif lebih
efisien untuk sumber data yang banyak
d)
Karena daftar pertanyaan biasanya
tidak mencantumkan identitas responden, maka hasilnya dapat lebih obyektif.
Kerugian :
a)
Daftar pertanyaan tidak menggaransi
responden untuk menjawab pertanyaan.
b)
Daftar pertanyaan cenderung tidak
fleksibel
c)
Pengumpulan sampel tidak dapat dilakukan
secara bersama-sama dengan daftar pertanyaan.
d)
Daftar pertanyaan yang lengkap sulit
untuk dibuat Observasi adalah pengamatan langsung suatu kegiatan yang sedang
dilakukan. Melalui observasi penganalisis dapat memperoleh pandangan-pandangan
mengenai apa yang sebenarnya dilakukan, melihat langsung keterkaitan diantara
para pembuat keputusan di dalam organisasi, memahami pengaruh latar belakang
fisik terhadap para pembuat keputusan, menafsirkan pesan-pesan yang dikirim
oleh pembuat keputusan lewat tata letak kantor, serta memahami pengaruh para
pembuat keputusan terhadap pembuat keputusan lainnya (Sevilla, 1993).
C.
Observasi (Pengamatan Langsung)
Observasi adalah melakukan
pengamatan untuk memperoleh data secara langsung ke objek penelitian sehingga dapat
melihat dari dekat tentang hal-hal yang menjadi tujuan pengamatan. Objek
penelitian bisa berupa aktivitas manusia, fenomena alam, proses kerja, dan lain
sebagainya.
Hasil pengamatan merupakan
data-data atau informasi mengenai segala sesuatu yang ada, yang terjadi, yang
dapat diindera oleh panca indera. Peristiwa, kejadian, fenomena yang sedang
berlangsung pada saat pengamatan dan dianggap penting dicatat sedetail mungkin.
Keuntungan
:
a)
Cenderung mempunyai keandalan yang
tinggi
b)
Analis sistem dapat melihat langsung
apa yang sedang dikerjakan
c)
Analis sistem dapat menggambarkan
tata letak fisik dari kegiatan kegiatan
d)
Analis sistem dapat mengukur tingkat
dari suatu pekerjaan
a)
Biasanya orang yang diamati merasa
terganggu.
b)
Pekerjaan yang diobservasi mungkin
tidak dapat mewakili suatu tingkat kesulitan.
c)
Dapat mengganggu kerja yang
dilakukan.
D. Perkiraan Koresponden
Koresponden adalah metode pengumpulan data dengan cara mengambil
pendapat orang lain atau komentar yang diterima oleh pemakai dengan surat. Contohnya
: ada suatu produk sabun, spg yang membawa produk sabun ini memberikan
format pengisian data-data dari hasil yang telah diperoleh dari penggunaan
produk sabun mereka, untuk seminggu kemudian diambil hasil dari apa yang
sipembeli itu buat. Sehingga format yang di buat oleh si pembeli dapat
sianalisa lagi.
Keuntungan dan kekurangan yang diperolah dari
perkiraan koresponden yaitu :
Kelebihan
|
Kekurangan
|
§ Menghemat
waktu tenaga dan biaya
|
§ Hasil
yang diperoleh kurang akurat, mungkin hanya bohong belaka
|
B. INFORMASI
1.
Pengertian
Informasi
Informasi
merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun
suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa
digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Dalam hal ini, data
bisa dianggap sebagai obyek dan informasi adalah suatu subyek yang bermanfaat
bagi penerimanya. Informasi juga bisa disebut sebagai hasil pengolahan ataupun
pemrosesan data.
Informasi
adalah data yang diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi penerima dan
mempunyai nilai yang nyata atau yang dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan
yang sekarang atau keputusan-keputusan yang akan datang.
2.
Jenis-Jenis
Pendistribusian Informasi
a)
Distribusi Informasi Secara Tertulis
b)
Distribusi Informasi Secara
Lisan
3. Macam-Macam Penyajian Informasi
a.
Media
Distribusi Informasi secara tertulis
i.
Memo
ii.
Majalah atau BULETIN
iii.
Laporan tahunan
iv.
Uraian tugas
v.
Buku pedoman
b.
Media
Distribusi Informasi secara Lisan
i.
Telepon
ii.
Rapat atau pertemuan
iii.
Radio dan televise
C. JENIS-JENIS DATA DI TEMPAT KERJA
a)
Data
keuangan, di antaranya data upah karyawan, keuntungan, pemasukan, pengeluaran
(belanja), hutang serta piutang perusahaan dll.
b)
Data
administrasi umum, di antaranya data kegiatan organisasi, data kebutuhan alat
tulis (ATK) dll.
c)
Data
kepegawaian, diantaranya data karyawan, data absensi, dan data jam kerja
lembur.
d)
Data
pemasaran/bisnis, di antaranya data barang yang akan dipasarkan, data kantor
cabang, dll.
e)
Data
pembelian, di antaranya data pembelian bahan baku, data data pembelian mesin
serta suku cadang dll.
f)
Data
produksi, di antaranya data waktu produksi, data kapasitas produksi, dan data
jumlah produksi.
g)
Data
gudang, di antaranya data persediaan barang, data barang rusak, dan data sisa
barang.
h)
Data
penjualan, di antaranya data pemasukan, data biaya promosi, dan data barang
terjual.
i)
Data
distribusi, di antaranya data pengiriman, pengembalian barang, dan penerimaan barang.
D. MANFAAT DATA DAN INFORMASI
Data atau Informasi memiliki manfaat
yaitu:
a)
Meningkatkan wawasan dan pengetahuan organisasi.
b)
Mengurangi resiko kesalahan dalam pengambilan
keputusan.
c)
Menggambarkan kondisi yang terjadi masa kini.
d)
Memberi gambaran trend atau kecenderungan di masa
depan.
e)
Mengurangi ketidak pastian kondisi karena adanya
kesimpangsiuran fenomena.
f)
Menjadi dasar bagi pemecahan masalah cepat.
g)
Menghasilkan arus kerja menjadi lebih efektif dan
efisien.
h)
Meningkatkan citra pesitif perusahaan.
i)
Menambah relasi.
j)
Meningkatkan kepercayaan pemegang saham.
k)
Memberi arahan bagi promosi yang lebih jelas.
l)
Menjadi dasar pertanggung jawaban atas segala tindakan
yang sudah diambil.
m)
Memberikan bukti, bukan kesan, isu, atau opini dari
pihak lain.
E. SUMBER DATA ATAU INFORMASI
Sumber data di dapat dari :
1. Lingkungan kerja
2. Lembaga pendidikan.
3.
Media massa.
4.
Instansi pemerintah
5.
Masyarakat
Data/Informasi dapat diperoleh
melalui berikut ini :
a)
Hasil
penelitian yang dilakukan sebelumnya
b)
Data yang
telah lewat dengan memperhatikan trend dan taksiran di masa datang
c)
Mengambil
dari pusat data seperti Badan Pusat Statistik (BPS) dan Pusat Data Informasi
Pertanian (Pusdatin)
d)
Media
elektronik seperti televisi, radio, dan internet
e)
Media cetak
seperti buku, majalah, karya ilmiah, koran, proposal, dan profil perusahaan
f)
Forum
seperti seminar, pelatihan, dan pendidikan
F.
PROSES PENGHIMPUNAN DATA
Proses penghimpunan data meliputi :
a.
Penerimaan
data
b.
Identifikasi
data/informasi
c.
Recalling
(pemberitahuan/pengambilan kembali data)
d.
Penduplikasian
kembali file
e.
Penyortiran
data yang sudah terkumpul
f.
Penjilidan/pengelompokan
data menjadi satu jenis
g.
Penyimpanan
ke dalam media file box, filling cabinet, ordner.
G.
MENGKLASIFIKASI
DATA ATAU INFORMASI
Saat ini, dimana informasi telah
menjadi aset penting yang menentukan ketangguhan sebuah organisasi, pengamanan
informasi menjadi lebih diperlukan dari sebelumnya. Untuk itu diperlukan adanya klasifikasi data
atau informasi.
Tujuan klasifikasi data atau
informasi:
a.
Melindungi perjanjian kontrak (informasi) dengan mitra
bisnis atau konsumennya.
b.
Memberikan pengamanan yang sesuai, sehingga menghemat
sumber daya organisasi dan membuat pengelolaan informasi menjadi efisien dan
efektif.
c.
Membantu meningkatkan kualitas data/ informasi yang
digunakan sebagai bahan untuk mengambil keputusan.
H.
KUALITAS
DARI SUATU DATA ATAU INFORMASI
a)
Akurat
Tidak menyesatkan, pasti, tidak bias,
dan terbebas dari kesalahan. Akurat juga berarti informasi harus jelas
mencerminkan maksudnya.
b)
Relevan
Informasi mempunyai manfaat untuk
pemakainnya serta data sesuai dengan kondisi pada saat dibutuhkan.
c)
Tepat Waktu
Informasi yang datang pada penerima
tidak boleh terlambat.
d)
Terkini
Data yang disajikan harus
menggambarkan keadaan terkini atau sekarang.
e)
Faktual
Data yang disajikan sesuai dengan
fakta dan kenyataan yang sedang terjadi serta benar adanya yang berguna bagi
pengambilan keputusan.
f)
Akuntabel
Sata dapat dipertanggung jawabkan
baik jumlah maupun kualitasnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar